Jumat, 15 April 2011

membuat aplikasi plane space dengan J2ME









Membuat Game Sederhana dengan J2ME

Dalam pembuatan game ini digunakan aplikasi Wireless Toolkit 2.5.1, jadi pastikan aplikasi tersebut telah terintegrasi dalam komputer yang akan digunakan.

Sebelum berlanjut ke dalam pembuatan game ada beberapa hal yang harus disiapkan, yang pertama adalah background yang dibuat 2 kali dari tinggi layar yang berfungsi sebagai langit yang disimpan dengan nama daratan.gif


Selanjutnya hal kedua yang harus dipersiapkan adalah file music yang berupa format wav (digunakan untuk suara pada saat pesawat meledak dan music pada background) yang terdiri dari explode.wav dan background.wav

Setelah semua yang harus disiapkan selesai, maka untuk langkah-langkah pembuatannya, adalah sebagai berikut :
Langkah pertama yang akan dilakukan adalah membuat sebuah MIDlet untuk menampilkan berbagai tipe choice dan implementasinya pada List. langkah yang di lakukan pertama kali yaitu :

  • membuka aplikasi Wireless Toolkit 2.5.1 pada komputer
  • setelah masuk ke dalam aplikasi Wireless Toolkit 2.5.1, lalu klik pada menu new project seperti pada gambar berikut :


  • Setelah itu isi pada "Project name" dan "MIDlet name" dengan nama PlaneSpace:


  • Selanjutnya pada "API Selection", pilih JTWI pada Target Platform, setelah itu OK:
  • Kita telah selesai dalam pembuatan project baru, selanjutnya silahkan buka notepad atau notepad++ atau text editor lain yang mendukung Java, kita akan membuat kelas Plane Space.java dan kelas Play.java, source code dari masing-masing kelas adalah sebagai berikut :

Class PlaneSpace.java:


Class Play.java

  • Selanjutnya, setelah source code tersebut di tuliskan di notepad tadi, selanjutanya kedua class yang di buat tadi di simpan pada folder : C:\WTK2.5.1\apps\PlaneSpace\src.
  • Lalu kembali pada aplikasi Wireless Toolkit 2.5.1, dan pilh Run.....maka program game tersebut telah dapat kawan-kawan jalankan...


Hasil dari game yang telah dibuat


Mainkan permainan dengan tombol up, down, right, left untuk menghindari pesawat dari bom, apabila pesawat berhasil menghindari bom maka gauge akan bertambah dan apabila pesawat terkena bom maka akan Game Over

Dibuat oleh Poenyariki pada hari Kamis, April 29, 2010 3 komentar http://img1.blogblog.com/img/icon18_email.gifhttp://img2.blogblog.com/img/icon18_edit_allbkg.gif

Kirimkan Ini lewat Email BlogThis! Berbagi ke Twitter Berbagi ke Facebook Berbagi ke Google Buzz

Label: Pemrograman Multimedia

Reaksi:


Membuat Hello World dengan J2ME

J2ME sendiri adalah teknologi dari Java programming language yang di khususkan untuk perangkat mobile seperti Handphone, Pocket PC dan perangkat mobile lainnya. J2ME sebenarnya sama dengan pemrograman menggunakan java sendiri, hanya saja dalam J2ME ada beberapa fungsionalitas yang ditambah dan dikurangi dan di sesuaikan untuk pemrograman perangkat mobile.

Tentunya untuk bisa membuat game di HP kita harus sudah biasa dulu menggunakan pemrograman dengan java, disini saya tidak akan mengulas bahasa pemrograman java tapi disini saya hanya akan memberikan pengetahuan mengenai alat yang digunakan dalam membuat program java di HP dan konsepnya.

Aplikasi yang digunakan dalam pembuatan program sederhana Hello World ini adalah IDE(Integrated Development Environment) NetBeans versi 6, pilih NetBeans yang sudah termasuk Mobility Pack. Agar kita bisa langusng menulis kode program tanpa harus menginstal macam-macam lagi.

Setelah anda menginstall IDE NetBeans, segera jalankan NetBeans nya. Untuk membuat projek baru pilih File-New Project. Nanti akan muncul seperti gambar di bawah.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjx5OJRbjNMtsgwul1BhhTYgk2qrZw8yKdAnawWSnBmr8kijocc6fCgWDxgV622fTIGavf-uBOQtUkP0lpGTtEKp2IRUbsiYwYabv29dFZne9hM8N87o7_rXd6PZEoShXn3uODz-E-xF5U/s400/hello1.bmp

Pilih MIDP Application dan tekan Next. Selanjutnya anda akan di bawa ke layer Name and Location seperti di bawah ini.


Input Project Name yang sesuai dengan nama project anda dan hilangkan centang di Create Hello Midlet. Tekan Next


Ini adalah layar untuk menentukan target perangkat yang akan anda buat aplikasinya. Pada baris Emulator Platform adalah pilihan emulator yang anda Install di computer anda, untuk saat ini anda hanya menginstall emulator bawaan dari NetBeans anda. Setelah anda merasa perlu menginstall emulator platform untuk spesifik dari vendor lain seperti Nokia, Sony Ericsson dan Motorola anda dapat mengubahnya disini.

Device adalah perangkat emulator atau HP yang nantinya akan anda jalankan di computer anda, dalam menjalankan program yang akan anda buat. Apabila nantinya anda menginstal emulator platform dari vendor lain anda akan bisa menggunakan HP spesifik dari vendor tersebut.

Device Configuration dan Profile adalah spesifik kemampuan dari paket perangkat yang akan anda jadikan target aplikasi anda, sebagai contoh saya punya HP K608 itu mempunyai spesifikasi CLDC 1.1 dan MIDP 2.0 artinya HP saya bisa menjalankan program dengan paket yang ada di CLDC 1.1 dan MIDP 2.0. Untuk lebih lanjut mengenai perangkat yang anda jadikat target riset lah dahulu dengan melihat spesifikasi HP atau perangkat target anda.

Untuk mempermudah anda mengerti, cukup bayangkan HP lama adalah MIDP 1.0 seperti nokia 6015 dan nokia yang gede dengan slidenya yang saya lupa apa mereknya dan HP lama lainnya. MIDP 2.0 HP baru seperti nokia N70, N73, SE K600, SEW800 dan lain lain. Karena MIDP 2.0 lebih banyak ada baiknya anda pilih MIDP 2.0 dan CLDC 1.1 untuk aplikasi kita kali ini.

Pilih Next dan langsung pilih Finish.

Sebenarnya dalam NetBeans ini anda dapat membuat aplikasi HP dengan Visual MIDlet yang ada dalam NetBeans ini, tetapi untuk lebih memahami secara mendalam konsep pembuatan aplikasi dalam J2ME disini saya tidak akan memakai Visual MIDlet.

Konsep program J2ME adalah sebagai berikut. Dalam J2ME kita harus akan membuat main class turunan dari class MIDlet, main class turunan dari MIDlet tersebut yag nantinya akan dipanggil pertama kali saat applikasi kita berjalan di HP, dalam main class tersebut juga ada 3 method yang nantinya berfungsi sebagai trigger even dari HP kita. Seperti:

starApp(), method yang dipanggil apabila aplikasi kita pertama kali jalan.
pauseApp(), method yang dipanggil apabila pengguna hp mempause aplikasi kita.
destroyApp(), method yang dipanggil apabila pengguna hp menutup aplikasi kita.

Kita mulai dengan membuat classMIDlet baru untuk project anda. Klik kanan para project anda di project explore dan pilih new-MIDlet, namakan class baru itu dengan nama MIDletPertama. Kode terakhir file MIDlet anda terlihat seperti di bawah ini.


Untuk pertama kali kita akan menampilkan “Hello J2ME World” pada layar HP. Ada dua jenis tampilan dalam MIDlet,

Low Level menggunakan class Canvas

High Level menggunakan Form

Disini kita akan menggunakan form untuk mempermudah anda mengerti pembentukan tampilan di MIDlet.


Perhatikan kode di atas, frPertama adalah object Form yang akan kita tampilkan di layer, kita memberi judulForm tersebut dengan “Judul”. Lalu method append adalah method untuk menambahkan Item pada Form, Item yang ingin saya tambahkan adalah String “Hello J2ME World”. Statement Display adalah statement untuk menampilkan object frPertama kedalam layer.

Pilih F11 untuk build project dan F6 untuk run project.

Pilih midlet yang ingin dijalankan dan tekan launch di emulator, selanjutnya emulator anda akan menampilkan Form yang anda buat, seperti di bawah.


Selamat, program anda sudah berjalan baik di emulator, bagaimana caranya menjalankan di HP sesungguhnya?

Masuk kedalam folder project NetBeans anda, buka folder dist


Transfer file jar program anda ke HP anda melaluli Bluetooth, infra merah atau kabel data

Dibuat oleh Poenyariki pada hari Kamis, April 29, 2010 2 komentar http://img1.blogblog.com/img/icon18_email.gifhttp://img2.blogblog.com/img/icon18_edit_allbkg.gif

Kirimkan Ini lewat Email BlogThis! Berbagi ke Twitter Berbagi ke Facebook Berbagi ke Google Buzz

Label: Pemrograman Multimedia

Reaksi:


Minggu, 21 Maret 2010

Contoh penggunaan OpenGL pada C

//Memanggil library yang akan digunakan
#include
#include
#include
#include
//Inisialisasi ukuran dari window
GLsizei winWidth=400, winHeight=400;
//Pengesetan terhadap range dari koordinat
GLfloat xwcMin=0.0,xwcMax=50.0;
GLfloat ywcMin=0.0,ywcMax=50.0;
class wcPt2D {
public: GLfloat x,y;
};
//Deklarasi variabel yang digunakan
typedef GLfloat Matrix3x3 [3][3];
Matrix3x3 matComposite;
const GLdouble pi=3.14159;
//Pengesetan warna background window menjadi hijau
void init(void) {
glClearColor(0.0,1.0,0.0,0.0);
}
//Construksi matriks identitas 3x3
void matrix3x3SetIdentity (Matrix3x3 matIdent3x3){
GLint row, col;
for(row=0;row<3;row++)
for(col=0;col<3;col++)
matIdent3x3[row][col]=(row==col);
}
//Melakukan perkalian terhadap matriks m1 dan m2 lalu hasilnya ditampung di m2
void matrix3x3PreMultiply (Matrix3x3 m1, Matrix3x3 m2){
GLint row, col;
Matrix3x3 matTemp;

for(row=0;row<3;row++)
for(col=0;col<3;col++)
matTemp[row][col]=m1[row][0]*m2[0][col]+m1[row][1]*m2[1][col]+m1[row][2]*m2[2][col];

for(row=0;row<3;row++)
for(col=0;col<3;col++)
m2[row][col]=matTemp[row][col];
}

//Fungsi untuk melakukan rotasi sebesar theta(sudut) yang diinputkan
void rotate2D(wcPt2D pivotPt, GLfloat theta){
Matrix3x3 matRot;
matrix3x3SetIdentity(matRot);
matRot[0][0]=cos(theta);
matRot[0][1]=-sin(theta);
matRot[0][2]=pivotPt.x * (1-cos(theta))+pivotPt.y * sin(theta);
matRot[1][0]=sin(theta);
matRot[1][1]=cos(theta);
matRot[1][2]=pivotPt.y * (1-cos(theta))-pivotPt.x * sin(theta);
matrix3x3PreMultiply(matRot,matComposite);
}
//Menggunakan matriks kompososit, dan melakukan transformasi koordinat
void transformVerts2D(GLint nVerts, wcPt2D * verts){
GLint k;
GLfloat temp;
for(k=0;kHasil Output :

Dibuat oleh Poenyariki pada hari Minggu, Maret 21, 2010 0 komentar http://img1.blogblog.com/img/icon18_email.gifhttp://img2.blogblog.com/img/icon18_edit_allbkg.gif

Kirimkan Ini lewat Email BlogThis! Berbagi ke Twitter Berbagi ke Facebook Berbagi ke Google Buzz

Label: Pemrograman Multimedia

Reaksi:


OpenGL dan Visual C++

OpenGL adalah suatu graphics library yang sebagian bersifat open source, dapat dipakai pada banyak platform (Windows ataupun Linux) dan dapat digunakan pada berbagai jenis compiler bahasa pemrograman seperti C++, Delphi ataupun VB. Jadi dengan kata lain OpenGL adalah sebuah library tambahan yang dapat ditambahkan dalam berbagai platform dan bahasa pemrograman yang berbasis graphics.
Dalam membuat sebuah graphics dalam Visual C++ tidak dapat naksimal karena kurang mendukungnya library-library yang dimiliki Visual C++ untuk membuat sebuah graphics, maka dibutuhkan suatu library graphics seperti OpenGL. Selain alasan ditas penggunaan OpenGL pada Visual C++ adalah untuk memudahkan dan agar lebih efisien dalam pembuatan sebuah graphics.
Oleh karena itu dsini saya akan mencoba memberikan cara – cara menambahkan atau mengkonfigurasi OpenGL pada Visual C++. Dalam hal ini Visual C++ yang digunakan adalah Visual C++ 6.0.
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan apakah Visual C++ 6.0 sudah terinstal pada computer anda. Jika sudah anda pastikan bahwa Visual C++ 6.0 telah terintegrasi di computer anda, maka anda harus mendownload library OpenGL
disini.
Setelah anda selesai mendownload file OpenGL.rar maka langkah selanjutnya adalah meng-ekstract file tersebut dan pastikan terdapat file glut.h, glut32.lib, dan glut32.dll.

Setelah semua file dipastikan telah ada maka tambahkan atau pindahkan file glut32.dll pada directory C:\WINDOWS\system.

Kemudian tambahkan atau pindahkan file glut.h pada directory C:\Program Files\Microsoft Visual Studio\VC98\Include\GL.

Langkah terkahir adalah menambahkan atau memindahkan file library glut32.lib pada directory C:\Program Files\Microsoft Visual Studio\VC98\Lib.

Selamat membuat graphics pada Visual C++ 6.0

ini tampilan-tampilannya:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar